Gambar 1. Ketua dan Wakil Ketua ORIMAYANIK Asih Putera Periode 2018/2019

CIMAHI – Organisasi Intra Madrasah Aliyah Multiteknik (ORIMAYANIK) Asih Putera merupakan sebuah wadah aktualiasasi bagi para siswa untuk mendapat pendidikan kepemimpinan dan keorganiasasian demi mengabdikan dirinya pada almamater tercintanya. ORIMAYANIK  sebetulnya sama dengan OSIS yang ada di tiap sekolah pada umumnya, hanya beda penyebutannya saja. Tapi, keberadaan organisasi ini di MA Multiteknik Asih Putera dioptimalkan sebagai media pendidikan politik.

Terutama pada saat suksesi kepemimpinan ketua ORIMAYANIK Asih Putera yang baru. Prosesi pemilihannya, dibuat semirip mungkin dengan Pemilu sungguhan.

Gambar 2. Sosialisasi Visi dan Misi Paslon Orimayanik Periode 2019/2020

“Harapan kami dengan adanya perubahan kepemimpinan yang baru. Kami ingin memperkenalkan apa itu pendidikan politik lewat pemilihan raya ketua dan wakil ketua ORIMAYANIK Asih Putera ini,” ungkap Pembina ORIMAYANIK,  Andina Bunga Lestari, Jumat  (04/01/2019).

Gambar 3. Suasana Debat Paslon Orimayanik Periode 2019/2020

Bukannya tanpa alasan pemilihan raya ORIMAYANIK Asih Putera yang dilaksanakan pada Jumat (04/01/2019) dibuat mirip dengan Pemilu sungguhan. Pelajar di jenjang  pendidikan menengah atas atau SMA/MA, umumnya adalah warga negara yang berada di usia masuki pemilih pemula.

Gambar 4. Bilik Suara (Pencoblosan) Orimayanik Periode 2019/2020

“Pemilih pemula adalah tahap awal keterlibatan dalam sistem demokrasi kita. Dengan konsep baru ini, diharapkan ketika mereka sudah dibolehkan untuk mencoblos, mereka sudah tau bagaimana mekanismenya dan seperti apa untuk menjadi pemilih cerdas,” lanjutnya.


Gambar 5. Penghitungan suara Paslon Orimayanik Periode 2019/2020

Dengan mekanisme pemilihan langsung layaknya Pemilu sungguhan ini, efesiensi waktu ternyata bisa lebih didapatkan. Selain itu, yang paling penting yakni bagi siswa yang  akan menjadi pemilih pemula nantinya
pendidikan politik ini sangat berharga untuk kehidupan selanjutnya.


Gambar 6. Paslon 01 dan 02 Orimayanik Periode 2019/2020