Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Taklif yang dilaksanakan setiap hari selasa. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI. PERJUSA ini dilaksanakan pada tanggal 8-9 November 2019 bertempat di MA Multiteknik Asih Putera dan KABUCI.

Rangkaian kegiatan ini dimulai Pukul 07.00 dengan dilaksanakannya upacara pembukaan. Petugas upacara diambil dari perwakilan masing-masing taklif. Pembina upacara pada upacara pembukaan adalah Manager MA Multiteknik Asih Putera yaitu Bapak Edwin Wahyudin, S.Ag., M.Pd.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bapak Ketua Yayasan Asih Putera, Ir. Edi Sudrajat Ahmad tentang kepemimpinan sampai Pukul 09.00. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tata tertib PERJUSA dan navigasi darat yang disampaikan oleh Bapak Ivan Sopian, S.Si. Setelah itu, dilanjutkan materi dari PMI tentang pembalutan dan pembidaian serta pembuatan tandu.

Menjelang pukul 11.30 siswa melaksanakan solat Jum’at secara bersama-sama. Kemudian pukul 12.30 siswa makan bersama dengan konsep sama rata sama rasa. Pukul 13.00 dimulai Long March dari MA Multiteknik Asih Putera sampai dengan KABUCI sambil melewati 11 pos, diantaranya 9 pos utama dan 2 pos untuk pengecekan kondisi. Untuk rincian pos adalah sebagai berikut :

Pos A : Memecahkan sandi
Pos B : Mars taklif dan surat perjalanan
Pos C : Menaksir lebar sungai
Pos D : Kompas
Pos E : Bidai dan tandu
Pos F : Buka bidai dan perapian sederhana
Pos G : Pengecekan kondisi
Pos H : Membuat panorama
Pos I : Pengecekan kondisi
Pos J : Menaksir tinggi
Pos K : Pengumpulan peta jelajah

Kegiatan pos ke pos berakhir pada Pukul 17.30, dilanjutkan dengan mendirikan tenda, isoma dan persiapan pensi. Kemudian melaksanakan shalat maghrib berjama’ah dilanjutkan persiapan pensi. Ba’da isya dilanjutkan dengan persiapan api unggun, upacara api unggun, dan penampilan pensi dari setiap kelompok.

Pukul 22.00 siswa/i dijadwalkan untuk tidur sampai pukul 02.00. Kemudian peserta melaksanakan jurit malam dimana peserta secara berkelompok (2 orang) jalan menuju Saung Bawah KABUCI dengan hanya membawa senter.

Sesampainya di Saung, masing-masing peserta melaksanakan shalat tahajud dan mengintrospeksi diri sendiri dengan menulis kekurangannya masing-masing pada secarik kertas.

Setelah itu, dilaksanakan shalat subuh berjama’ah. Kemudian peserta diberi kesempatan untuk bersih-bersih diri sampai Pukul 06.30. Kemudian dilanjutkan senam pagi yang dipimpin oleh Fauzan, Azzam, Rifki dan Haytsam, setelahnya dilanjutkan dengan masak ala rimba.

Kegiatan PERJUSA kemudian ditutup dengan dilaksanakannya upacara penutupan pada pukul 08.30 dengan pembina dari Wakasek Kesiswaan Ibu Anisya Saripahlena, S.Pd.