CIMAHI – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 diumumkan pada hari jumat (22/3) pukul 13.00 WIB. Jumlah pendaftar jalur SNMPTN sebanyak 478.608 siswa, dan yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 PTN se-Indonesia hanya sebanyak 92.331 siswa saja.

“Dari jumlah yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 tersebut termasuk 26.217 siswa dari peserta bidik misi,” kata Ketua LTMPT, Ravik Karsidi di Kantor Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumat (22/3).

Hasil pengumuman SNMPTN 2019 dapat diketahui melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id. Caranya, peserta memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SNMPTN.

Peserta yang lulus SNMPTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi atau daftar ulang pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN. Informasi tersebut bisa dilihat di masing-masing laman PTN terkait.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi SNMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di PTN yang bersangkatan dengan memenuhi ketentuan, pertama adalah lolos verifikasi data akademik. Hal yang diperiksa adalah rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) dan persyaratan lain yang akan dilaksanakan oleh PTN terkait.

Khusus MA Multiteknik Asih Putera, 4 Orang siswa/i berhasil masuk PTN dalam jalur SNMPTN, diantaranya :

  1. Hulwatulqisthi (UNPAD – Hubungan Internasional)
  2. Shalom Tazqia Balqis Hossain (UIN SGD – Psikologi)
  3. Jundy Ahmad Mujadid (UPI – Pendidikan Fisika)
  4. Salwa Tsamrotul Jannah (UPI – PG PAUD)

Bagi peserta SNMPTN yang telah dinyatakan lulus tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN. Namun bagi para siswa yang tidak lulus SNMPTN 2019 jangan berkecil hati, masih ada kesempatan selanjutnya untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang I yang akan ditutup pada Ahad (24/3).