Sejarah MA Asih Putera
Pada tahun 2004, didirikanlah MA Multiteknik Asih Putera, selepas munculnya lulusan pertama MTs Asih Putera. Penggagas dan pendiri MA Multiteknik Asih Putera adalah Bapak Drs. Suhana, M.Ag. Beliau dan para pengurus Yayasan Asih Putera di bawah izin, arahan, dan pengawasan dari dr. H. E. Kusdinar Ahmad, M.Ph. selaku Ketua Yayasan dan Drs. Dedi Kuswandi selaku Sekretaris Jenderal Yayasan Asih Putera.
Saat itu, Drs. Suhana, M.Ag. menggawangi MA Multiteknik Asih Putera. Sebagai pendiri dan Kepala Sekolah/Madrasah berjibaku mencari murid sampai keluar daerah Kota Cimahi. Angkatan pertama, 60-80% adalah lulusan MTs Asih Putera. Siswa pertama sampai lulusnya ada 6 orang. Danang, Nazmi, Saepul, Muhammad, Devi, dan Sarah. Pada tahun kedua, Bapak yang beristrikan seorang guru TK Asih Putera ini mendatangkan siswa dari luar daerah: Sukabumi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Cianjur. Ada 9 anak yang berasrama: Hamdi, Majid, Hilmi, Yudi, Fadhil, Wasrif, Uun, Dede, dan Ai. Anak-anak inilah yang mengawali program pesantren atau asrama Asih Putera. Jadi, tepatnya pada tahun ajaran 2005/2006, lahirnya Asrama Asih Putera dengan Pak Sopian sebagai Pembina Asrama.
Pada tahun-tahun berikutnya, anak asrama ini, sampai tahun 2024 kemarin, masih hampir sama. Yang diterima di MA Multiteknik Asih Putera sekitar 9-12 orang. Tidak lebih. Mengapa dengan anak-anak asrama? Saat itu, MA Multiteknik Asih Putera baru bendiri. Butuh usaha serius agar MA ini bisa tersiar, terkenal di kalangan masyarakat, baik masyarakat umum maupun pemerintah.
Para siswa ini diberikan pendidikan yang agar berbeda dengan sekolah pada umumnya. Mereka dilatih berwirausaha dan keterampilan hidup lainnya seperti bengkel motor, menjahit, dan lain-lain. Maka karena model pembelajaran atau pendidikan inilah, MA ini embel-embeli dengan nama Multiteknik. Artinya anak-anak dibekali dengan teknik-teknik atau cara bertahan hidup di tengah-tengah masyarakat selepas mereka bersekolah di MA.
Seiring bertumbuhnya MA Multiteknik Asih Putera, visi dan misipun berubah-ubah. Berikut ini adalah visi dan misi dari awal sampai sekarang:
Visi dan Misi Tahun 2004-2009
Visi
Menjadi Madrasah Aliyah yang Unggul, Produktif, Kompetitif dan Modern
Misi
1. Menjadikan calon pemikir dan pemimpin yang berkarakter
2. Menciptakan generasi yang mandiri dan mampu berkarya
3. Melahirkan lulusan yang siap dan mampu bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional
4. Mewujudkan pembelajaran yang adaptif, inovatif, kreatif dan menyenangkan
Visi dan Misi Tahun 2010-2016
Visi :
Terwujudnya Madrasah Aliyah yang Unggul, Produktif, Kompetitif, Modern dan Islami
Misi :
1. Menjadikan calon pemikir dan pemimpin yang berkarakter.
2. Menciptakan generasi yang mandiri dan mampu berkarya.
3. Melahirkan lulusan yang siap dan mampu bersaing secara akademik dan non akademik tingkat nasional.
4. Mewujudkan pembelajaran yang adaptif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.
5. Menjadikan islam sebagai landasan dalam bertindak dan berperilaku
Visi dan Misi Tahun 2016-20124
1) Madrasah Aliyah Multiteknik Asih Putera
Visi :
Pada Tahun 2025 Menjadi Eco Madrasah Aliyah yang unggul, produktif, kolaboratif, maju, dan beradab.
Misi:
1. Menciptakan masyarakat madrasah yang memiliki pola pikir arif dan sadar lingkungan
2. Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, menenangkan, inspiratif, dan prestatif
3. Menjadikan calon pemikir dan pemimpin yang beradab
4. Mewujudkan generasi yang mandiri, mampu menyelesaikan masalah diri dan lingkungan melalui karya
5. Melahirkan lulusan yang siap dan mampu bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional
Visi dan Misi Tahun 2025 - Sekarang
Visi
Pada Tahun 2028 Menjadi Eco Madrasah Aliyah yang Unggul, Produktif, Kolaboratif, Maju, dan Beradab.
Misi
1. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, kondusif, inspiratif, dan prestatif.
2. Mewujudkan masyarakat madrasah yang memiliki pola pikir maju, arif, solutif, dan sadar lingkungan.
3. Membangun sistem manajemen madrasah yang adaptif, efektif, efisien, mencerahkan, adil, dan beradab.
4. Melahirkan generasi yang mandiri, mampu menyelesaikan masalah diri dan lingkungan melalui karya nyata, siap bersaing di tingkat regional, nasional, maupun internasional.
Setiap tahun, jumlah siswa di MA Multiteknik Asih Putera fluktuatif. Maksimal per angkatan yang pernah diterima di MA Asih Putera adalah 70-an. Tapi, itu terjadi pada satu angkatan. Sisanya antara 45-68. Jadi, rata-rata per tahun siswa yang belajar di MT Asih Putera adalah 150-180 siswa.
Kurikulum yang digunakan di Asih Putera, menyesuaikan dengan perkembangan kurikulum nasional. Pertama menggunakan kurikulum 2004, kemudian Kurikulum 2006, Kurikulum (tahun) tiga belas/ Kurikulum nasional, dan Kurikulum merdeka. Selain itu, MA Asih Putera memiliki kurikulum sendiri, seperti program lifeskill, kewirausahaan, dan ketaklifan atau kepanduan. Anak-anak berlatih keterampilan hidup atau bertahan hidup dan berorganisasi/ bermasyarakat.
3-4 tahun pertama, MTs dan MA Asih Putera menggunakan gedung secara bersama-sama, yaitu di Gedung Kayu dan Gedung MTs sekarang. Begitupun dengan fasilitas olahraga dan klinik. Guru pun berkumpul dalam satu ruang. Seringkali rapat guru itu bersama. Kemudian pada tahun 2010-an, MA Memiliki gedung sendiri. Dari sejak itu, pembelajaran dan guru pun terpisah antara MTs dan MA.
Pada tahun 2020, tepatnya 14 Agustus 2020, MA Multiteknik Asih Putera yang saat itu dikepalai oleh Bapak Edwin Wahyudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd. disahkan sebagai Madrasah Plus Keterampilan atau MA Penyelenggara Keterampilan berdasarkan SK Dirjen Pendis No. 2851 Tahun 2020 tentang Penetapan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan. MAS Multiteknik Asih Putera dengan program/jenis keterampilannya adalah Produksi dan Pengolahan Tanaman Hidroponik, Tata Boga, Tata Busana dan Desain Grafis. Sampai sekarang, belum ada lagi perubahan.
Visi
Pada Tahun 2028 Menjadi Eco Madrasah Aliyah yang Unggul, Produktif, Kolaboratif, Maju, dan Beradab.
Misi
- Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, kondusif, inspiratif, dan prestatif.
- Mewujudkan masyarakat madrasah yang memiliki pola pikir maju, arif, solutif, dan sadar lingkungan.
- Membangun sistem manajemen madrasah yang adaptif, efektif, efisien, mencerahkan, adil, dan beradab.
- Melahirkan generasi yang mandiri, mampu menyelesaikan masalah diri dan lingkungan melalui karya nyata, siap bersaing di tingkat regional, nasional, maupun internasional.